Screen.cpp

CONTOH SCREEN.CPP



Untuk melakukan program lanjutan contoh cpp.10, disini kita melakukan screen.cpp terlebih dahulu. Untuk menjalankannya yaitu klik program BorlandC++ lalu klik file-->New-->Text Edit lalu masukan perintah screen.cpp tersebut kedalam prgoram BorlandC++. Jangan dirunningkan, hanya perlu di save ke data C lalu simpan ke BIN.

/*
screen.cpp
Class library untuk operasi layar monitor.
Hak Cipta Pebi Yudha K.
April 2009

Disusun sebagai contoh program
Modul Praktikum Pemrograman C++ Lanjutan
AMIK BSI - Jakarta
*/

#define UCHAR unsigned char
#define VIDEO_INT 0x10

class Screen
{
private:
UCHAR mode, row, col;
UCHAR rownum, colnum;
UCHAR active_page, visual_page;
UCHAR attribute;

public:
Screen(void); // Konstruktor default
Screen(UCHAR mode);

~Screen(void); // Destruktor default

void setMode(UCHAR mode);
UCHAR getMode(void);

void setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x);
void getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x);

void writeChar(UCHAR letter);
void writeString(UCHAR *str);

void setAttribute(UCHAR attr);
UCHAR getCharAttr(UCHAR *attr);

void setActivePage(UCHAR page);
UCHAR getActivePage(void);

void setVisualPage(UCHAR page);
UCHAR getVisualPage(void);

void cls(void);
}; // Akhir prototype class Screen

Screen::Screen(void) // Konstruktor default.
{ // Menset layar pada
UCHAR mode; // mode 25 baris dan
// 80 kolom, warna huruf
this->row = 0; // abu-abu dan latar
this->col = 0; // hitam, 16 warna.

this->mode = mode = 0x03;

this->rownum = 25;
this->colnum = 80;

this->active_page = 0;
this->visual_page = 0;

this->attribute = 7;

asm mov ah, 0x00;
asm mov al, mode;
asm or al, 0x80;
asm int VIDEO_INT;

return;
}

Screen::Screen(UCHAR mode) // Konstruktur
{ // dengan
this->setMode(mode); // parameter mode
// layar.
return;
}

Screen::~Screen(void) // Destruktor default.
{ // Tidak melakukan
return; // apapun.
}

void Screen::setMode(UCHAR mode) // Memilih
{ // mode
this->mode = mode; // layar.

this->active_page = 0;
this->visual_page = 0;

this->rownum = 25;

switch (mode) // Menentukan banyak kolom
{ // berdasarkan nomor mode.
case 0x00 :
case 0x01 : this->colnum = 40;
break;
case 0x02 :
case 0x03 :
case 0x07 : this->colnum = 80;
break;

default : this->colnum = 0;
break;
}
asm mov ah, 0x00;
asm mov al, mode;
asm or al, 0x80;
asm int VIDEO_INT;

return;
}

UCHAR Screen::getMode(void) // Mengetahui
{ // mode layar.
return this->mode;
}

void Screen::setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x)
{
UCHAR page = this->active_page;

if ((y > this->rownum) ||
(x > this->colnum))
y = x = 0;

this->row = y; // Menentukan posisi
this->col = x; // kursor.

asm mov ah, 0x02;
asm mov bh, page;
asm mov dh, y;
asm mov dl, x;
asm int VIDEO_INT;

return;
}

void Screen::getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x)
{
*y = this->row; // Mengetahui posisi
*x = this->col; // kursor.

return;
}

void Screen::writeChar(UCHAR letter)
{
UCHAR page = this->active_page;
UCHAR attr = this->attribute;

asm mov ah, 0x09; // Menuliskan satu
asm mov al, letter; // karakter dan
asm mov bh, page; // atributnya
asm mov bl, attr;
asm mov ch, 0x00;
asm mov cl, 0x01;
asm int VIDEO_INT;

return;
}

void Screen::writeString(UCHAR *str)
{
for (; *str != '\0'; str++)
{
if (this->col > this->colnum)
{
this->row++; // Mencetak rangkaian
this->col = 0; // karakter (string).
}

this->setCursorPos(this->row,
++this->col);
this->writeChar(*str);
}

return;
}

void Screen::setAttribute(UCHAR attr)
{
this->attribute = attr; // Mengubah warna
// huruf dan warna
return; // latar.
}

UCHAR Screen::getCharAttr(UCHAR *attr)
{
UCHAR page = this->active_page;
UCHAR letter, attribute;

asm mov ah, 0x08; // Mengetahui
asm mov bh, page; // karakter dan
asm int VIDEO_INT; // atributnya pada
asm mov attribute, ah; // posisi kursor.
asm mov letter, al;

this->attribute = *attr = attribute;

return letter;
}

void Screen::setActivePage(UCHAR page)
{
this->active_page = page; // Menentukan
// halaman aktif.
return;
}

UCHAR Screen::getActivePage(void)
{ // Mengetahui
return this->active_page; // halaman aktif.
}

void Screen::setVisualPage(UCHAR page)
{
if (page > 7) page = 0;

this->visual_page = page;

asm mov ah, 0x05; // Menentukan halaman
asm mov al, page; // yang ditampilkan.
asm int VIDEO_INT;

return;
}

UCHAR Screen::getVisualPage(void)
{ // Mengetahui
return this->visual_page; // halaman yang
} // ditampilkan.

void Screen::cls(void)
{ // Membersihkan
UCHAR mode = this->mode; // tampilan layar
// serta
this->row = 0; // memposisikan
this->col = 0; // kursor di 0, 0.

asm mov ah, 0x00;
asm mov al, mode;
asm int VIDEO_INT;

return;
}

Komentar